Sukodadi - MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA (MMD) DESA SUKODADI TAHUN 2020

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA (MMD) DESA SUKODADI TAHUN 2020

Pengertian dari Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah Pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk memebahas hasil Survey mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Pemerintah Desa Sukodadi yang bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Singorojo 1 mengadakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 yang bertempat dibalaidesa Sukodadi. pada acara tersebut dihadiri oleh Tim kesehatan dari UPTD Puskesmas Singorojo 1, Pemerintah desa dan Kader Kesehatan setempat. 

Tujuan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yaitu :

1. Masyarakat mengenal masalah kesehatan diwilayahnya

2. Musyawarah bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melauli pelaksanaan desa siaga dan poskesdes

3. Masyarkat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, melaksanakan desa siaga dan poskesdes

 

Seperti dalam sambutan dari tim kesehatan UPTD Puskesmas Singorojo 1 oleh Dr. Ardi Inti dari MMD adalah kegiatan lanjutan dari SMD melalui quesioner dibidang kesehatan, dipecahkan bersama masalah-masalah kesehatan yang ada didesa melalui musyawarah. karena kegiatan kali ini masih dalam tahap new normal dimasa pandemi covid19 sehingga beliau juga menyampaikan dalam musyawarah kali ini masih memperhatikan protokol kesehatan DFJ dengan mempertimbangkan Durasi, Fentilasi dan Jarak. juga menghimbau agar warga masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Adapun kesepakatan untuk penyelesaian masalah kesehatan pada MMD desa Sukodadi antara lain: 

No. Masalah  Penyelesaian Masalah Tindakan
1. Sampah  Mensosialisasi warga masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya

Menyediakan tempat sampah pada tiap warga Th. 2021 (satu rumah 1 tempat sampah)berupa bak/bis sampah

 

2. Posbindu  Mensosialisasi pada warga untuk datang ke posbindu, supaya warga bisa mengecek Gula darah maupun hipertensi

1. Diadakan posbindu bergilir ke dusun-dusun atau jemput bola.

2. Menyediakan alat tensi digital untuk cek gula darah dan lain-lain.

3. Jamban  Mensosialisasi pada warga masyarakat agar membuat jamban/WC yang ber septic tank Mengklasifikasi warga yang mampu atau tidak mampu membuat jamban berseptic tank.
4. Posyandu Mensosialisasi pada warga agar rutin dan berantusias mengikuti posyandu, untuk mengetahui tumbuh kembang anak balita umur 0-5 tahun. Kader Kesehatan tiap dusun agar mengadakan sosialisai pada warga masyarakat yang masih rendah antusiasnya untuk mengikuti kegiatan posyandu.
5. Gizi Buruk (BGM) Mensosialisai pada warga masyarakat yang anaknya termasuk kategori  Gizi Buruk (BGM) untuk memberikan asupan makanan yang bergizi. Memberikan tambahan asupan GIZI seperti Susu /Makanan

Beberapa penyelesaian dan tindakan diatas untuk menanggulangi masalah kesehatan yang ada di desa, dan yang telah disepakati bersama diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan dapat segera terrealisasikan. (Admin).


Dipost : 17 November 2020 | Dilihat : 1170

Share :