Sukodadi - SURVEY MAWAS DIRI (SMD) TAHUN 2020 DESA SUKODADI KEC. SINGOROJO

SURVEY MAWAS DIRI (SMD) TAHUN 2020 DESA SUKODADI KEC. SINGOROJO

Pentingnya diadakan kegiatan desa SURVEY MAWAS DIRI (SMD) adalah untuk mengatasi setiap masalah yang berhubungan dengan kesehatan warga masyarakat, sehingga desa bisa mengambil tindakan yang tepat untuk menangani masalah tersebut. 

Pada hari kamis tanggal 16 juli 2020 telah dilaksanakan SMD desa sukodadi yang dihadiri  tim dari Puskesmas Singorojo 1, Perangkat Desa dan Kader Kesehatan. 

Acara dibawakan oleh Bpk Y. Teguh Susilo (Sekdes Sukodadi) yang di mulai dari Pembukaan, Menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya (oleh ibu Ning Rohatisah) , Sambutan-sambutan, acara Inti dengan Narasumber Ibu Kurnia Yulianti (Tim Puskesmas Singorojo 1), Doa bersama (Oleh Bpk. Kambali) dan Penutup.

Sambutan Kepala Puskesmas Singorojo 1 oleh Bp. Abidin, menyampaikan bahwa ; SMD akan dilanjutkan ke MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yang akan dilaksanakan di desa dengan program indonesia sehat dengan melibatkan keluarga. Desa yang sehat diawali dengan lingkungan  rumah bersih dan sehat. dimana pada masa pandemi covid-19 ini masyarakat diharapkan harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti ; memakai masker, jaga jarak, dan sering mencuci tangan pakai sabun.

Kemudian ibu Kurnia Yuliyanti sebagai narasumber menyampaikan SMD atau Survey Mawas Diri adalah Kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan Kepala Desa/ Kelurahan, Petugas Puskesmas dan Bidan Desa.

Beliau juga menyampaikan tujuan dari SMD antara lain ;

1. Mengumpulkan data masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku

2. Mengkaji dan menganalisis masalah kesehatan lingkungan dan perilaku

3. Menginventarisasi sumber daya masyarakat yang dapat mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan.

4. Dipeolehnya dukungan Kepala Desa/Kelurahan dan pemuka masyarakat dalam pelaksanaan, penggerakan dan

    pemberdayaan masyarakat.

Adapun Manfaat dari SMD;

1. Masyarakat sadar akan adanya masalah

2. Mengetahui besarnya masalah

3. Menggali sumber daya yang ada/ dimiliki desa

4. Dasar untuk menyusun pemecahan masalah

Beberapa langkah SMD tersebut ; Persiapan SMD, Pelaksanaan SMD, dan selanjutnya Tindak lanjut SMD. yang dijabarkan detail seperti;

Persiapan SMD :

a. Menyusun daftar pertanyaan

b. Menyusun lembar observasi

c. menentukan kriteria responden termasuk cakupan wilayah dan jumlah KK

Pelaksanaan SMD, melakukan interview atau wawancara terhadap responden dan melakukan pengamatan terhadap rumah dan lingkungan.

kemudian yang terakhir adalah tindak lanjut, dimana pengolahan data sudah dilaksanakan dan disepakati sehingga masalah kesehatan yang ada dicarikan atau dibuatkan jalan keluar bersama, melalui Musyawarah Masyarakat Desa.

 

 

 

 

                                                                                                          

***


Dipost : 23 Juli 2020 | Dilihat : 1620

Share :